Subscribe RSS
Kongres Organisasi SI Dec 15

Organisasi Sarekat Dagang Islam adalah organisasi ekonomi dengan basic agama Islam dan penggeraknya ialah perekonomian rakyat. Organisasi ini lalu berkembang cepat dan berubah menjadi organisasi atau perkumpulan yang mempunyai dampak besar. Tepat pada tahun 1912, organisasi sarekat dagang Islam berganti nama menjadi Sarekat Islam atau disingkat SI. Tokoh yang berperan pada saat itu adalah H.O.S. Tjokroaminoto yang merupakan pemimpin baru Sarekat Islam.

Pergantian nama dilakukan supaya organisasi ini dapat beroperasi pada sektor politik, hingga bukan sekedar pada bagian ekonomi saja. Bila dilihat dari anggaran dasarnya, bisa diambil kesimpulan tujuan Organisasi Sarekat Islam ialah sebagaimana berikut ini :

  1. Meningkatkan jiwa dagang.
  2. Menolong anggota-anggota yang alami kesusahan dalam sektor bisnis.
  3. Memajukan bidang pengajaran dan upaya mempercepat naiknya derajat kehidupan rakyat.
  4. Melakukan perbaikan pendapat-pendapat yang salah tentang agama Islam.
  5. Hidup menurut perintah agama.

Organisasi Sarekat Islam tidak batasi keanggotaannya hanya untuk penduduk Jawa dan Madura saja. Arah tujuan SI ialah membangun persaudaraan, pertemanan dan tolong-menolong diantara muslim serta meningkatkan perekonomian rakyat. Keanggotaan SI terbuka untuk semua susunan penduduk muslim. Pada saat SI mengajukan diri menjadi Badan Hukum, awalannya Gubernur Jendral Idenburg menolak.

Badan Hukum hanya diberikan pada SI lokal. Meskipun dalam biaya dasarnya tidak tampak terdapatnya unsur politik, tapi dalam kegiatannya SI menyimpan perhatian besar pada unsur-unsur politik dan menentang ketidakadilan serta penindasan yang dikerjakan oleh pemerintah kolonial. Berarti SI mempunyai jumlah anggota yang banyak hingga memunculkan kecemasan pemerintah Belanda.

Kongres Organisasi Sarekat Islam

Kongres pertama diselenggarakan pada bulan Januari 1913 di Surabaya. Dalam kongres ini Tjokroaminoto mengatakan jika SI bukan adalah organisasi politik, serta mempunyai tujuan untuk tingkatkan perdagangan antarbangsa Indonesia, menolong anggotanya yang mengalami kesusahan ekonomi dan meningkatkan kehidupan relijius dalam penduduk Indonesia.

Kongres ke-2 diselenggarakan di Surakarta yang menyatakan jika SI hanya terbuka buat rakyat biasa. Beberapa pegawai pemerintah tidak bisa menjadi anggota. Pada tanggal 17-24 Juni 1916 diselenggarakan kongres SI yang ke-3 di Bandung. Dalam kongres ini SI telah mulai melemparkan pengakuan politiknya.

SI bercita-cita menyatukan semua masyarakat Indonesia menjadi satu bangsa yang berdaulat (merdeka). Tahun 1917, SI mengadakan kongres yang ke empat di Jakarta. Dalam kongres ini SI menyatakan ingin memperoleh pemerintahan sendiri (kemerdekaan). Dalam kongres ini SI menekan pemerintah supaya membuat Dewan Perwakilan Rakyat (Volksraad).

Sumber :

    1. https://id.wikipedia.org/wiki/Sarekat_Islam
Category: Sejarah, Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

One Response

  1. Wonderful goods from you, man. I’ve take into account your stuff previous to and you are just too fantastic. I really like what you’ve got right here, really like what you’re saying and the way in which during which you are saying it. You are making it entertaining and you still care for to keep it sensible. I cant wait to read far more from you. That is actually a terrific website.