Subscribe RSS
Organisasi Gerakan Pemuda Feb 25

“Sejarah Organisasi Pergerakan Pemuda” adalah topik yang akan kita ulas pada artikel kesempatan ini, sub topik mencakup latar belakang berdirinya organisasi pemuda, organisasi-organisasi pemuda yang sukses dibangun, tokoh pendiri serta arah organisasi pemuda. Butuh anda kenali, Budi Utomo adalah organisasi pertama yang berdiri pada saat gerakan nasional di Indonesia. Organisasi Budi Utomo lalu jadi pelopor berdirinya organisasi-organisasi lainnya, beberapa Organisasi Pergerakan Pemuda juga banyak muncul di Indonesia.

Organisasi pemuda adalah beberapa kumpulan organisasi yang sukses dibangun oleh beberapa pemuda, anggota organisasi pemuda umumnya datang dari kelompok siswa menengah atas. Beberapa organisasi pemuda yang sukses berdiri pada saat gerakan nasional mencakup : Trikoro Dharmo, Jong Sumatranen Bond, Perhimpunan-perhimpunan Pelajar Indonesia, Pemuda Indonesia serta Indonesia Muda. Di bawah ini keterangan tentang organisasi-organisasi pemuda yang telah dijelaskan di atas bersama latar belakang, tokoh pelopor serta maksudnya.

Latar belakang berdirinya beberapa organisasi pemuda dikarenakan peranan pemuda di Organisasi Budi Utomo kurang disadari lebih persisnya diambil alih oleh kelompok tua yang terbagi dalam beberapa pegawai negeri serta golongan priyai. Seperti yang kita kenali, organisasi Budi Utomo sebelumnya memang dibangun oleh himpunan beberapa pelajar, akan tetapi pada perubahan setelah itu organisasi ini dikuasai oleh beberapa pegawai negeri serta golongan priyai.

Karena kelompok muda yang makin tersisih, beberapa pemuda lalu berinisiatif membuat perkumpulan / organisasi sendiri. Di bawah ini beberapa organisasi pemuda yang sukses berdiri pada saat gerakan nasional Indonesia.

Trikoro Dharmo

Organisasi ini adalah organisasi pertama yang dibangun oleh beberapa pemuda sesudah Budi Utomo dikuasai oleh beberapa priyai. Organisasi Trikoro Dharmo berdiri pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta,, sesudah 3 tahun lalu, persisnya pada tahun 1918 organisasi ini namanya dirubah jadi Jong Java.

Tokoh organisasi pergerakan pemuda Jong Java mencakup : Sunardi, R. Satiman Wiryosanjoyo, Kadarman serta Agus Salim. Arah organisasi pergerakan pemuda Jong Java yakni sampai kejayaan dengan menguatkan persatuan pada beberapa pemuda dari Jawa, Madura, Sunda, Lombok serta Bali.

Usaha yang dikerjakan untuk sampai arah yakni dengan meningkatkan pengetahuan umum buat beberapa anggotanya, merajut tali bersilahturahmi antar pelajar sekolah menengah, sekolah kejuruan atau sekolah guru, lalu lebih memperkuat perasaan untuk menghidupkan budaya serta bahasa. Sebelumnya organisasi ini tidak berjalan dalam bagian politik, tapi sesudah masuknya Agus Salim bagian politik mulai dijajaki.

Pada akhirnya memunculkan beberapa pro serta kontra, ada yang sepakat serta tidak sepakat tentang pergeseran jalan ke bagian politik. Karena kontroversi itu, lalu yang sepakat berjalan dalam politik memisahkan diri untuk bikin perkumpulan baru yang bernama Jong Islamieten Bond.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.