Subscribe RSS
Organisasi Indische Partij (IP) Feb 07

Indische Partij ialah organisasi moderen ke-3 yang berdiri sesudah Budi Utomo serta Sarekat Islam. Organisasi ini adalah organisasi pertama yang dengan tegas mengatakan berpolitik. Dengan begitu dapat disebutkan jika Indische Partij ialah parpol pertama di Indonesia. Indische Partij ingin menukar Indische Bond yang berdiri pada tahun 1899. Indische Bond ialah organisasi golongan Belanda peranakan (Indo) dengan pimpinan K. Zaalberg, seseorang indo.

Indische Partij mempunyai semboyan yang populer yaitu Hindia for Hindia yang bermakna Indonesia cuma ditujukan buat orang yang tinggal serta tinggal di Indonesia tiada melihat ketidaksamaan asal bangsanya. Mengenai arah dari Indische Partij ialah untuk menyiapkan kehidupan bangsa Indonesia yang merdeka.

Sejarah Indische Partij

Organisasi ini dibangun oleh Dr. Ernest Francois Eugene Douwes Dekker di Bandung pada tanggal 25 Desember 1912 serta adalah organisasi kombinasi Indo dengan bumi putera. Douwes Dekker ingin meneruskan Indische Bond, organisasi kombinasi Asia serta Eropa yang berdiri semenjak tahun 1898.

Indische Partij, menjadi organisasi politik makin bertambah kuat sesudah bekerja bersama dengan dr. Tjipto Mangoenkoesoemo serta Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara). Ke-3 tokoh ini lalu diketahui dengan panggilan “Tiga Serangkai”. E.F.E. Douwes Dekker memiliki pendapat jika cuma lewat kesatuan tindakan menantang kolonial, bangsa Indonesia bisa merubah skema yang laku, pun keadilan buat sama-sama suku bangsa adalah kewajiban dalam pemerintahan.

Douwes Dekker memang mempunyai macam opini serta inspirasi, yang lalu dialirkan lewat majalah Het Tijdschrift serta media massa De Espres. Lalu dia banyak terkait dengan beberapa pelajar STOVIA di Jakarta.Serta tempatnya menjadi redaktur Bataviaasch Nieuwsblad jadi tidaklah heran jika dia banyak berteman serta memberikan peluang pada penulis-penulis muda dalam media massa.

Tujuan Indische Partij :

  1. Untuk bangun patriotism semua bangsa Hindia
  2. pada tanah air yang sudah anggota lapangan hidup padanya.
  3. Menyarankan kerja sama atas basic kesamaan ketatanegaraan.
  4. Memajukan tanah air Hindia.
  5. Menyiapkan kehidupan rakyat yang merdeka.

Sumber :

  1. M.C.Ricklefs Berjudul Sejarah Indonesia Modern (1998)
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/National_Indische_Partij
Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.